Status Aktif Gunung Api Inerie Hadirkan Panorama Indah

Home / Wisata / Status Aktif Gunung Api Inerie Hadirkan Panorama Indah
Status Aktif Gunung Api Inerie Hadirkan Panorama Indah Gunung Inerie di Flores. (FOTO: Istimewa)

TIMESKALTENG, WAINGAPUStatus aktif Gunung api Ineria yang terletak di bagian selatan pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak membuat gunung ini kehilangan pesonanya.

Gunung Ineria tetap menyuguhkan panorama yang sangat indah. Rumah adat Bena serta lahan pertanian dan peternakan di bawah kaki gunung menambah keindahannya.

Gunung api Inerie adalah gunung Stratovolcano terbesar di pulau Flores yang memiliki ketinggian 2.245 mdpl berstatus aktif dan terakhir meletus pada tahun 1970.

Gunung Ineria tercatat sebagai gunung api tertinggi yang berada di pulau Flores sejak dulu dikenal memiliki panorama menawan serta dijuluki sebagai piramida alam karna bentuknya seperti piramida.

Menurut Fitalis Latu seorang warga Kabupaten Ngada Flores, nama Gunung Ineria berasal dari bahasa lokal. "“Ine” yang artinya Ibu dan “Rie” artinya cantik bila diartikan bahwa gunung Inerie adalah ibu yang cantik," ucapnya.
 

Fitalis mengungkapkan, Gunung Ineria yang masuk wilayah administrasi  Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada Flores, sejauh ini tidak menunjukkan aktivitas vulkanik yang membahayakan.

Jika cuaca cerah, maka ketinggiannya yang menjulang dapat terlihat dari arah pulau Sumba yang merupakan salah satu pulau terdekat dengan Kecamatan Aimere Flores.

“Kalau ingin mengunjungi atau menyaksikan gunung Ineria dapat dijangkau dengan kapal Ferry milik PT ASDP dari Waingapu ke Aimere dengan menempuh perjalanan 6-7 jam sedangkan akses menuju lokasi Gunung Inerie cukup mudah ditemukan karna lokasinya begitu starategis tepat berada disamping jalan dalam kota Aimere,” ujar Fitalis Latu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com