Inikah Tren Smartphone di Tahun 2019?

Home / Gaya Hidup / Inikah Tren Smartphone di Tahun 2019?
Inikah Tren Smartphone di Tahun 2019? ILUSTRASI: Smartphone Teknologi 5G. (FOTO: kominfo)

TIMESKALTENG, JAKARTA – Akhir tahun biasanya menjadi momen untuk menggenjot penjualan smartphone untuk mencapai target penjualan. Selain dipusingkan oleh target tahunan, yang tak kalah penting, para vendor juga tengah sibuk menyiapkan smartphone terbaru mereka menghadapi pergantian tahun.

Beberapa fitur menarik yang menjadi cikal bakal tren di tahun depan sudah mulai tercium. Dilansir dari Tabloid Pulsa, berikut prediksi beberapa fitur smartphone terbaru yang akan muncul di tahun 2019 mendatang.

1. Kamera lebih dari tiga

Huawei boleh berbangga karena menjadi pelopor smartphone dengan tiga kamera utama. Tapi tampaknya Samsung dan Nokia punya kejutan lain. Baru-baru ini muncul bocoran Samsung A9 Pro dengan empat kamera utama.

Kabar ini sudah hampir terkonfirmasi karena beberapa gambar asli sosok Samsung Galaxy A9 Pro sudah muncul di beberapa laman berita teknologi. Perangkat ini masuk kategori kelas menengah, dan sudah menjadi kebiasaan Samsung merilis sesuatu yang baru tidak langsung di kelas flagship.

Selain Samsung, Nokia juga telah lama digosipkan bakal meluncurkan smartphone dengan lima kamera. Nokia memang belum mengkonfirmasi gosip ini. Kabar ini bermunculan karena ada beberapa bocoran gambar sosok yang disebut-sebut sebagai Nokia 9 yang menggunakan lima kamera utama di bagian belakang yang disusun melingkar.

2. Chipset 7 nm

Untuk segmen flagship, tahun depan akan banyak diwarnai oleh smartphone dengan chipset berteknologi 7 nanometer. Apple sudah lebih dulu mengenalkan perangkat dengan teknologi chipset ini. iPhone XS, XS Max dan XR menggunakan chipset terbaru Apple A12 bionic.

Selain Apple, Huawei juga sudah mengenalkan chipset terbaru mereka yakni Hisilicon Kirin 980 dengan teknologi yang sama. Begitu juga dengan Qualcomm dan Samsung. Qualcomm disebut-sebut sedang bersiap meluncurkan generasi terbaru seri 800 dan Samsung dengan Exynos 9810.

Sudah bisa dipastikan bahwa flagship-flagship keluaran 2019 bakal menggunakan chipset generasi terbaru dengan proses produksi 7 nm.

3. Teknologi 5G

Teknologi 5G diperkirakan akan mulai dijajaki pada tahun depan. Qualcomm, Huawei dan beberapa pemain di teknologi mobile sudah melakukan uji coba.

Seperi dilansir Engadget, Qualcomm sudah mulai menjajal teknologi ini pada Februari lalu. Qualcomm sendiri sudah mengumumkan modem berteknologi 5G pertamanya yang disebut X50.

Perusahaan-perusahaan elektronik terkenal di Asia juga mendukung pengembangan 5G yang dilakukan Qualcomm. Di antaranya ada Asus, HTC, LG, Oppo, Sony Mobile, VIVO, Xiaomi, ZTE, dan Samsung. Di Indonesia, teknologi 5G pun sudah mulai diujicoba yakni pada ajang Asian Game beberapa waktu lalu.

Itulah beberapa spesifikasi yang kemungkinan besar akan ada di smartphone terbaru 2019 mendatang. Hadirnya teknologi-teknologi baru tersebut tentu diharapkan vendor-vendor smartphone bisa menjadi penggenjot penjualan smartphone. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com