UN 2020 Ditiadakan, Ini Rumusan Kelulusan Siswa di Bontang

Home / Berita / UN 2020 Ditiadakan, Ini Rumusan Kelulusan Siswa di Bontang
UN 2020 Ditiadakan, Ini Rumusan Kelulusan Siswa di Bontang Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang Saparuddin. (Foto: Fajri/TIMES Indonesia)

TIMESKALTENG, BONTANG – Ditiadakannya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) tahun 2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang menggelar rapat dengan pihak sekolah.

Rapat yang dilakukan, Kamis (26/03/20) dengan cara jarak jauh atau virtual tersebut menentukan penilaian yang menjadi penentu kelulusan para pelajar Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Untuk menentukan kelulusan pelajar tingkat SD, standar penilaiannya diambil dari akumulasi nilai raport kelas 4-6. Sementara tingkat SMP akumulasi nilai semester 1 hingga 5.

"Nanti pihak sekolah yang menentukan modelnya, yang jelas tidak mengumpulkan para pelajar," jelas Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparuddin.

Pentingnya dilakukan rapat terkait peniadaan UN dan US 2020 ini, sebab semua sekolah di Bontang sudah menyelesaikan penyusunan serta pembuatan soal bagi pelajar.

"Dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat jika tahun ini UN dan US ditiadakan, maka kami ulang semua jadwal," tambah Saparuddin.

Tanggal 24 Maret 2020 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Dengan dibatalkannya UN tahun 2020 maka keikutsertaan UN dan US tidak menjadi syarat kelulusan dalam seleksi masuk jenjang pendidikan yang Iebih tinggi.

Demikian halnya proses penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program Paket B, dan program Paket C akan ditentukan kemudian dalam rapat bersama sekolah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com