Indikator
  • Undercontruction

Anda Suka Main Futsal? Ini Tips yang Teraman

Home / Olahraga / Anda Suka Main Futsal? Ini Tips yang Teraman
Anda Suka Main Futsal? Ini Tips yang Teraman ILUSTRASI: Futsal. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

KALTENGTIMES, JAKARTA – Berolahraga tak juga bisa menyehatkan. Kalau salah melakukannya, bisa berakibat fatal. Bahkan, bisa membuat nyawa Anda melayang. Apalagi, Anda penderita penyakit jantung. Karena, sudah banyak yang meninggal dunia akibat main futsal. Baik saat main atau usai main futsal.

Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan saat hendak main futsal maupun saat bermain futsal. Pertama, Anda bisa melakukan pemanasan atau warming up. Sebelum bermain futsal lakukanlah dulu pemanasan yang tujuannya untuk merenggangkan otot, adaptasi tubuh, dan terutama menghindari cedera.

Jika Anda bermain futsal tanpa pemanasan, maka sangat berpotensi terkena cedera karena memang otot anda belum dipanaskan atau terbiasa. Anda bisa melakukan pemanasan dengan cara lari-lari kecil mengelilingi lapangan, stretching, atau pemanasan lain agar otot anda lemas dan siap bermain futsal.

Kedua, jangan makan berat sebelum main futsal. Makan berat sebelum futsal idealnya dilakukan 2 atau 3 jam sebelum bermain, karena jika Anda makan berat 30 menit atau bahkan 15 menit sebelum bermain maka dijamin anda akan lemas, perut terasa panas, dan nyeri di bagian pencernaan atau perut kanan.

Ingat, hindari juga minuman berenergi dan minuman yang mengandung kafein sebelum futsal karena jantung anda akan berdegup kencang dan membuat anda cepat lelah.

Ketiga, jangan lupa untuk mengunakan sepatu khusus futsal. Mengapa? Karena untuk bermain futsal Anda membutuhkan sepatu khusus yang dibuat untuk futsal. Biasanya ada tiga macam jenis bahan sepatu futsal, misalnya kulit, kain, dan bahan imitasi.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com